Tuesday, April 19, 2016

1. Wuku Sinta

Mau tahu apa itu Wuku Sinta?, Inilah wuku Sinta wuku pertama dari 30 wuku, Wuku Sinta adalah nama istri dari Raden Watugunung
Wuku Sinta
Bahasa Jawa:
Dewane Yamadipati, kayune gendayakan, dadi pangaubahane wong lara. Manuke Gagak, wateke: weruh ing wangsit. Nyanding Gedhong, watake demen ngatonake kadonyane. Mandi umbul-umbul, watake duwe kamulayan.
Wuku Sinta, lambange wulan karahinan, kenceng budine ora bisa sareh. Bilahine setengah tuwa. Sedekahe sega pulen, dang-dangan beras sepitrah, iwake pindhang kebo rego 21 keteng, ora kena nganyang. Dongane tolak bilahi, Jabung kala ana lor wetan madhep ngidul ngulon, 7 dina aja marani prenahing kala.

Bahasa Indonesia (terjemahan bebas).
Wuku Sinta adalah wuku yang pertama dari 30 wuku, berikut terjemahan bebasnya dalam bahasa Indonesia.
Dewanya Bhatara Yamadipati.
Laksana pendeta, kemauannya agung, tidak sabar, pencemburu, sering mendapat halangan yang tidak terduga-duga, penampilannya dalam pergaulan menyenangkan, tidak gampang menaruh kepercayaan pada oran lain, rezekinya menyenangkan.
Burungnya Gagak dan Bango.
Dengan kaki didalam air; perintahnya keras dimuka lemah dibelakang, Memperlihatkan diri sebagai orang dermawan, walaupun itu tidak disetujuinya. Sifat-sifat lainnya sering menjadi tempat berlindung bagi orang yang sengsara, Mengerti firasat dalam segala tugas-tugasnya.
Hari yang tidak menguntungkan/hari naas: Senin Pon.
Hari yang menguntungkan: menurut firasatnya.
Bencananya : biasanya jarang sampai lanjut usia/tua.

Mau tahu Wuku berikutnya ....??? KLIK DISINI