Friday, May 10, 2013

Sekarang, Google Translate Bisa Bahasa Jawa

Google Translate Bisa Bahasa Jawa





KOMPAS.com — Layanan Google Translate telah lama mendukung bahasa Indonesia dan terus meningkatkan kualitas sistem terjemahan. Sekarang, giliran bahasa Jawa yang didukung oleh Google Translate, Rabu (8/5/2013).

Sistem terjemahan bahasa Jawa dalam Google Translate saat ini masih berstatus "Alpha", atau masih dalam tahap awal pengembangan. Ini berarti, kualitas terjemahan bahasa Jawa di Google Translate belum setara dengan kualitas terjemahan bahasa lain.

"Kami akan terus menguji dan meningkatkan akurasi bahasa-bahasa ini," tulis Program Manager Google Translate Sveta Kelman, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Menurut Google, bahasa Jawa adalah bahasa kedua yang paling sering digunakan di Indonesia dengan 83 penutur asli.

Google juga mengumumkan bahwa Google Translate kini telah mendukung 70 bahasa yang ada di dunia. "Kami sangat antusias karena mencapai lebih dari 70 bahasa, dan kami berharap terus menambahkan lebih banyak lagi," ujar Sveta.

Layanan Google Translate dapat diakses melalui situs serta melalui aplikasi di perangkat Android dan iOS.

Sebenarnya di blog ini sudah ada Kamus Bahasa Jawa-nya yang di buat UGM, walaupun belum lengkap dan sempurna kamus tersebut dan Google Translate Bahasa Jawa; hasil terjemahannya bisa membuat kita tersenyum simpul, tapi lumayan lah; bisa untuk perbandingan dan mempermudah dalam mempelajari bahasa jawa dan hal tersebut akan menjadikan bahasa Jawa bisa lebih mudah dipelajari orang di seluruh dunia dan blog Primbon Bahasa Jawa ini jadi semakin ramai pengunjungnya.

Sumber:
http://tekno.kompas.com/
http://kamus.ugm.ac.id/jowo.php