Monday, May 6, 2013

7 Sumber Air Ajaib Sapto Tirto


7 Sumber Air Ajaib Sapto Tirto



Pemandian Sapto Tirto Pablengan Metesih
Pemandian Sapto Tirto-Pablengan
Bagi Anda yang ingin punya wajah yang cantik atau ganteng dan awet muda, kaya raya, berwibawa dan punya kesaktian? atau pingin sehat karena penyakit yang Anda derita tidak sembuh-sembuh? Salah satu ikhtiarnya adalah mandi dan atau minum air sendang unik dan ajaib dari sumber mata air petilasan yang dinamakan Pemandian Sapto Tirto. Mengapa disebut unik dan ajaib; karena Pemandian Sapto Tirto mempunyai 7 (tujuh) sumber mata air yang ajaib karena tiap-tiap sumber mata air mempunyai rasa dan warna dan fungsi atau khasiat yang berbeda-beda, walau jarak satu sumber mata air dengan mata air yang lain hanya sekitar 5 meter dan yang paling jauh sekitar 13 meter.

Dimana letak Pemandian Sapto Tirto?  Pemandian Sapto Tirto terletak di Desa Pamblengan, Kecamatan Matesih, 17 km dari arah timur Kota Karanganyar, Jawa Tengah –tepi jalan raya antara Karangpandan menuju Astana Mangadeg Girilayu (makam mantan Presiden HM Soeharto)– beriklim sejuk, dengan dilatarbelakangi hutan pinus Argotiloso.

“Semua petilasan dalam kompleks pemandian ini merupakan jejak petilasan Pangeran Sambernyawa. Pangeran Samber Nyawa adalah julukan untuk Raden Mas Said penguasa Mangkunegoro I. Sebelumnya ia adalah tokoh yang paling gigih berjuang ingin menyatukan Mataram, makanya dari petilasan Sapto Tirto ini beliau melakukan perlawanan gerilya terhadap penjajah kompeni Belanda. Karena sepak terjang perang gerilyanya itu, banyak tentara Belanda yang tewas dalam pertempuran. Maka ia dijuluki dengan nama Pangeran Samber Nyawa. Nah, dari desa di kaki gunung Lawu inilah, beliau menemukan beberapa sumber mata air ajaib. Dan hasil temuan ini digunakan untuk menggembleng beberapa pengikut atau prajuritnya agar semakin tangguh, sakti, dan ditakuti lawan-lawannya.

Berikut nama-nama sumber mata air dari Sapto Tirto dan manfaat/khasiatnya, antara lain untuk ngalap berkah masalah pekerjaan, jodoh, rejeki, pangkat, hingga masalah pemilihan calon kepala daerah atau Pilkada. Memang masing-masing sendang pemandian itu dipercaya punya makna khodam atau tuah sendiri-sendiri. Selain mempunyai makna atau tuah spiritual, dari segi ilmiah kesehatan juga dipercaya mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan badan, karena memiliki kandungan mineral dan zat kesehatan tertentu.

Manfaat 7 Sumber Air Sapto Tirto:
Sumber air Bleng Sapto Tirto
Sumber Air Bleng - Sapto Tirto
  1. Sumber Air Bleng. Airnya digunakan sebagai bahan pembuatan karak, yaitu kerupuk yang terbuat dari beras.
  2. Sumber Air Urus-urus: Airnya digunakan untuk memperlancar buang air besar (BAB). Makna lainnya kalau punya masalah/urusannya biar cepat selesai mandi atau cuci muka dari sumber air ini.
  3. Sumber Air Soda
    Airnya diminum dengan rasa soda alami dan menyembuhkan berbagai penyakit dalam seperti TBC, Ginjal, Liver, Kolesterol, Asam urat, Gula atau Diabetes dan sebagainya
  4. Sumber Air Hidup
    Airnya digunakan untuk membasuh muka agar awet muda, tampak cantik penampilannya, dikarenakan banyak mengandung mineral
  5. Sumber Air Kasekten
    Airnya dipercaya untuk menambah kekuatan, keberanian, kesaktian, dan kewibawaan serta untuk  mensucikan badan/jiwa dan raga.
  6. Sumber Air Mati
    Airnya selalu tetap tidak bertambah dan berkurang. Jangan digunakan dalam segala aktivitas baik mandi cuci muka maupun minum. Air Jangan diminum karena beracun dan Sumber ini melambangkan kematian atau malapetaka.
  7. Sumber Air Hangat
    Airnya dipercaya untuk mensucikan badan sekaligus dapat mengobati berbagai penyakit Kulit, Panu, Kudis, Kadas, Gatal-gatal dan Rematik.              
 Minum, mandi, membasuh muka dari sumber air tersebut sesuai dengan keperluannya masing-masing, setiap orang punya masalah, penyakit yang berbeda-beda. Waktu yang ideal untuk melakukan tirakat atau laku ritual semedi adalah malam Jumat Kliwon.

Artikel lain yang berhubungan:
Tempat-tempat angker di Jogja