Tuesday, November 22, 2016

Lagu Jawa Hiphop "Tul Jaenak..."

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

heladalah ana uwit nangko kok awohe pakel
jamanne wis merdeko tur uripe isih angel
tung ndi lor ndi kidul mencok'o pager
komandane ketol
rakyate do mblinger

kembang jagung tukul nang pingir kali
rakyate do bingung
manggo dene kakean janji

manuk prenjak mangan jadah
mencok nang jagak wesi
negorone dijajah rak tahu ngrumangsani

Gula jawa rasane legi
kripik mlinjo dipangan asu
Arep mulyo kudu marsudi
buto ijo ojo digugu

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

ho no co ro ko do to so wo lo
iki ceritero rakyat sik sengsoro
walang kekek walange walang wadong
pikirane cetek sing do dinut kok wong gemblung

tombo teko lorone langsung lungo
ora ngopeni liyane sing penting urip mulyo

ono bolu isine ampas ketan
kapan iso maju nek sing digugu isine mung plingsetan

Abang-abang gendero londo
Wetan sithik kuburan mayit
Klambi abang nggo tondo moto
Wedhak pupur nggo golek dhuwit

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tul jaenak
jae jatul jaeji
Kuntul jare banyak
ndoge bajul kari siji

Tonton Videonya lagu Jawa Hiphop Tul Jaenak,,, berikut ini...

video


Saturday, May 28, 2016

Firasat Sebelum Terjadi Gempa Jogja 10 Tahun Yang Lalu

Inilah firasat sebelum terjadi gempa jogja 27 Mei 2006, Gempa besar di Bantul dan Kota jogja 27 Mei 2006, Memperingati Gempa Jogja 27 Mei 2006
Gempa Bantul - Jogja 27 Mei 2006
Tidak tahu mengapa semalam tidak bisa tidur, saya coba untuk tiduran dikursi tapi sebentar-sebentar terbangun (ngliler=bahasa jawanya), baru setelah menjelang pagi abis subuh dapat tertidur itupun sebentar. Saya pikir-pikir ada apa ya, saya coba ingat-ingat tapi sepertinya tidak ketemu jawabannya; biasanya kalo seperti ini akan terjadi sesuatu tapi apa tidak ketemu jawabannya. Sampai tadi sore jam 5 an tidak sengaja ada judul video disebuah portal berita di hp android saya ada teks berjalan "...10 Tahun Gempa Jogja...". Tersentak aku.. Saya baru sadar, jadi ini to jawabannya kenapa semalam saya tidak bisa tidur. Langsung saya tulis di web saya ini untuk membagikan peristiwa mengerikan yang saya, kami warga Jogja alami untuk sekedar share berbagi kepada anda diluar DI Yogyakarta yang tidak mengalami dan merasakan langsung, bukan untuk dikasihani tapi untuk pengingat saja, bahwa musibah gempa bisa terjadi dimana saja selama kita hidup diatas bumi ini. Kami tidak bermaksud mengingat peristiwa itu, dan tak terasa sudah berjalan 10 tahun yang lalu, tapi kami tidak bisa melupakan trauma itu.

10 tahun yang lalu....kisah ini bermula:
10 tahun yang lalu sehari sebelum terjadi gempa Jogja 27 Mei 2006, yaitu Jumat tanggal 26 Mei 2006, kami mendapat berita lelayu dari keluarga budhe istri saya di Sragen bahwa Budhe istri saya sedha (wafat). Setelah tutup toko, selepas magrib saya dan istri berangkat ke Sragen untuk melayat budhe istri saya dan sampai di rumah duka sekitar jam 21.00 malam, Setelah ketemu dengan keluarga budhe istri saya dan keluarga besar istri saya, entah mengapa rasanya saya pingin sekali segera pulang dan sekitar tengah malam jam 02.00 dini hari kami pamitan untuk segera pulang,  sebenarnya kami ditahan oleh keluarga budhe untuk tidak pulang malam-malam karena tahu saya belum tidur mereka kuatir kalau saya ngantuk dijalan. Kami tetap ngotot untuk pulang dengan alasan anak-anak di rumah sendirian dan besok harus masuk sekolah nanti tidak ada yang antar sekolah kalau kami tidak segera pulang; akhirnya kami diijinkan untuk pulang berdua saya dan istri saya.

Diperjalanan terasa sunyi sekali dan ada rasa yang aneh tapi tidak tahu aneh apanya. Sesampai di Klaten dan mulai keluar kota Klaten menuju Jogja istri saya nyeletuk dari samping saya memecah kesunyian malam dini hari.
" Mas-mas...!" kata istri saya jawil saya setelah dia bangun dari tidurnya selepas dari kota Sragen dia tertidur.
"Ono opo.." jawabku sambil tetap menyetir dan  melihat kedepan tanpa menegok ke istri saya.
" Rasanya...kok aneh dan sepi sekali...." kata istri saya
" Yo, sepi wong wis bengi dik..." jawabku ketus karena capek
" Tapi...rasane kok koyo mambu amis ya mas...?" tanya istriku
" Amis opo...ora ono opo-opo.." kataku.
Tapi dalam hati aku juga merasakan apa yang dirasakan oleh istriku, ternyata insting atau perasaan kami sama, (karena sering tirakat bareng kali ya). saya cuma diam tidak mau berkomentar; kami berdua diam tanpa berkata apa-apa sampai akhirnya kami tiba dirumah sekitar jam 04.50 lebih hampir jam 5 pagi,

Sampai rumah, aku duduk dikursi tamu dekat pintu sambil tidur dikursi sebentar, karena saya pinkir sebentar lagi mau antar anak-anakku ke sekolah di Sapen. Terdengar lamat-lamat suara istriku yang menyuruh anak-anak supaya cepat mandi, ganti baju dan sarapan, tapi sepertinya anak laki-lakiku ini lelet ogah-ogahan tidak seperti biasanya. Terdengar suara istriku agak keras memarahi anakku yang gak mau pakai baju sekolah "Cepat pake baju...sebentar lagi jam enaaammm...! kata istriku pada anak lakinya dengan nada yang tinggi.
Tiba-tiba ...terdengar teriakan istri saya " Ono lindu...linduu...pa pa...ono Linduuu...!" Aku tersentak kaget mendengar teriakan istri dan seisi rumah, untuk saya tiduran dikursi dekat pintu jadi bisa langsung keluar, aku buka pintu keluar dan mengendong anak lakiku yang masih TK dan keluar ruamah dan ternyata tetangga juga pada teriak-teriak keluar rumah.

Tiba-tiba bumi bergetar,  karena diperumahan satu baris ada 10 rumah genteng atap rumah bergerak seperti ombak banyu. Saya melihat ketanah ada retakan tanah yang berjalan pas ditengah kaki saya retakan tanah itu gerjalan seperti ular membelah tembok rumah saya, kebetulah rumah saya ada dua kapling jadi satu. Sambil mengendong sikecil dan tangan kanan memegang anak perempuanku yang masih SMP. dan istriku yang memeluk sambil menangis, rasanya dunia ini sudah kiamat, sepertinya kami sudah tamat...hanya teriakan-teriakan kami dan tetangga ..Allahhu Akbar...Allahu Akbar...!
Dalam hati kami berdoa, Ya Allah...lindungilah kami dan berilah kami kesempatan untuk hidup, kami akan berbuat baik, banyak membantu orang, walau cuma dengan kata dan tulisan dan sedikit harta kami.

Itulah detik-detik yang kami alami saat terjadi Gempa Jogja, kebetulan kami tinggal di Bantul daerah pusat gempa banyak tetangga kami yang jadi korban dan tak terhitung rumah-rumah yang hancur. Gempa yang terjadi pada hari Sabtu Wage tanggal 27 Mei 2006, pusat gempa berada di Bantul tepatnya 8.03 LS dan 110,32 BT pada kedalaman 11,3 Km dan kekuatan 5.9 SR Mb (Magnitude Body) kurang lebih pukul 05.55 wib walau cuma 57 detik, tapi bagi kami itu musibah terlama dan terbesar yang kami rasakan dan alami, yang menyadarkan kami bahwa manusia tidak ada apa-apanya.  Hanya dengan tiupan 57 detik semua rata dengan tanah. Yang kaya yang miskin semua rumahnya rata dengan tanah. Saudara kami yang masih balita, adik, kakak saudara-saudara kami tua muda tidak dapat menghindar sedetikpun dari reruntuhan bangunan, ada 6.000 lebih saudara kami semua diambil kembali oleh Nya. Harta tahta kedudukan dan bahkan nyawa kalau Tuhan berkehendak hanya dalam hitungan detik semua lenyap.

Banyak hikmah yang dapat kami ambil dari kejadian gempa jogja ini, Kami bersyukur diberikan kesempatan hidup sampai saat ini, kami bersyukur diberi firasat untuk segera pulang ke Jogja  dari Sragen. Ternyata ini firasat kami rasakan malam sebelum terjadi gempa di Sragen untuk segera pulang, Kalau tidak, kami tidak tahu gimana nasib anak-anak kami yang masih kecil. Kami baru sadar sekarang, kalau anak-anakku pada tidak malas dan langsung ganti baju mungkin waktu itu saya atau istri saya mengantar ke sekolah pakai motor karena biasayanya jam enam kurang lima belas menit atau enam kurang sepuluh menit kami sudah dijalan mengantar anak sekolah bisa jadi korbannya, karena waktu gempa ternyata banyak korban dijalanan karena pass jam sibuk antar sekolah atau pergi kerja yang tempatnya di Bantul ke kota Jogja jadi harus brangkat lebih pagi, tenyata anak yang lelet ganti baju itulah yang menyelamatkan kami. Dengan kami pulang kami dapat menyelamatkan dan mengeluarkan anak-anak kami, ibu mertua, saudara-saudara dan pembantu kami dari dalam rumah, karena semua terjadi dalam hitungan detik dan disaat banyak orang masih lelap tidur, kami dibuat tidak bisa tidur seperti yang saya rasakan tadi malam sama seperti 10 tahun yang lalu saat terjadi gempa Jogja. Mudah-mudahan kami tetap dalam lindunganmu ya Allah. 

Artikel selanjutnya tentang Firasat Terjadinya Gempa/ Alamate Lindhu




Sunday, April 24, 2016

3. Wuku Wukir

Wuku Wukir adalah wuku ke tiga dari 30 wuku dalam pawukon jawa. Wuku Wukir diambil dari nama anak pertama dari 27 anak Prabu Watugunung dengan Dewi Sinta. Isi dari Wuku Wukir adalah sebagai berikut:
Wuku wukir adalah wuku ke 3 dari 30 wuku dalam pawukon jawa, inilah kumpulan wuku jawa yang ke 3 wuku Wukir, inilah Isi/watal wuku Wukir
Wuku Wukir
Wuku Wukir Bahasa Jawa: 
Dewane Batara Mahayeti, kayune nagasari, watake : prihatinan. Manuke Manyar, watake ora kena kungkulan. Banyune ana ngarep, watake pradhah lan demen ngatonake kadonyane. Wuku Wukir lambange: becik saka kadohan yen cedhak ambalenjani. Sak enggon-enggon kudu ngereh, ora kena disetyani. Bilahine dianiaya. Sedekahe sega wuduk, dang-dangan beras sapitrah, iwake putih mulus lan janganan warna lima. Dongane lajukna. Slawate 5 keteng. Jabung kala ana kidul wetan madhep ngalor ngulon, 7 dina aja lelungan marani prenahing kala.

Wuku Wukir Bahasa Indonesia (terjemahan bebas).
Dewanya Bhatara Mahayeti:
Wataknya murah hatinya, tetapi tidak senang diatasi, dapat menjadi pemimpin dimanapun dia berdomisili, suka pamer harta miliknya/kekayaannya dengan kehidupan yang menguntungkan dikemudian hari, simpatik dalam pergaulan menyenangkan para pendengarnya serta pengabdiannya terpakai.
Burungnya Manyar:
Tidak mau diatasi sesamanya tetapi ia mampu melaksanakan semua tugas-tugasnya.
Bencananya: karena suatu penganiayaan.
Hari baiknya: Rabu Wage dan Jumat legi /manis.
Hari naas/apes/sial/Kala:  ada di selatan timur menghadap utara barat. 7 hari jangan pergi ke arah kala tersebut.

Wuku Wukir hanya dimiliki oleh mereka yang hari kelahirannya atau wetonnya sbb.:
1. Minggu Legi
2. Senin Pahing
3. Selasa Pon
4. Rabu Wage
5. Kamis Kliwon
6. Jumat Legi
7. Sabtu Pahing

Mau tahu Wuku berikutnya? KLIK DISNI 

Friday, April 22, 2016

2. Wuku Landep

Wuku Landep dewanya Batara Mahadewa, Wuku Landep adalah wuku ke 2,
Wuku Landep
Bahasa Jawa:
Dewane Batara Mahadewa.
kayune gendayakan, watake dadi pangaubane wong lara, demen memuja tarak brata. Manuke atat kembang. Dadi klangenane wong agung, kanggep pangawulane. Nyandhing gedhong. Watake: demen ngatonake kadonyane, Nyanding banyu ing wadhah, wateke: adem parentahe. Wuku Landep lambange: soroting srengenge. wateke: madhangi atining sasama. Bilahine kurubuhan kayu. Sidekahe tumpeng, dang-dangan beras sepitrah, iwake menjangan dikolak, digecok lan dibakar. Dongane kabul, Slawate 4 keteng. Jabung kala ana kulon madhep ngetan, 7 dina aja marani kala.

Bahasa Indonesia (terjemahan bebas).
Dewanya Batara Mahadewa.
Umumnya rupawan dan juga turun pada anaknya. terang hatinya, menyenangi untuk menyepi dan bersemedi, perintahnya tegas dan banyak manfaatnya, suka pamer, kerelaan hatinya tidak benar-benar tulus. Wataknya: terang, hatinya dapat menerangi orang lain, dengan ingatan yang tajam serta mampu dalam segala pekerjaannya.
Burungnya Kakatua (atat kembang):
Bila menjadi pengabdi (pegawai) disenangi oleh atasa/orang besar (pembesar, orang agung).
Bencananya: tertimpa reruntuhan kayu.
Hari baik : Minggu Wage
Hari buruknya: Rebo Paing.
Kala/Sial/Apes : ada di barat menghadap timur, 7 hari jangan mendatangi Kala.

Watak dari Wuku Landep ada pada orang yang hari kelahirannya atau wetonnya, sbb:
1. Minggu Wage
2. Senin Kliwon
3. Selasa Legi
4. Rabu Pahing
5. Kamis Pon
6. Jumat Wage
7. Sabtu Kliwon

Mau tahu Wuku selanjutnya? Klik Disini

Tuesday, April 19, 2016

1. Wuku Sinta

Mau tahu apa itu Wuku Sinta?, Inilah wuku Sinta wuku pertama dari 30 wuku, Wuku Sinta adalah nama istri dari Raden Watugunung
Wuku Sinta
Bahasa Jawa:
Dewane Yamadipati, kayune gendayakan, dadi pangaubahane wong lara. Manuke Gagak, wateke: weruh ing wangsit. Nyanding Gedhong, watake demen ngatonake kadonyane. Mandi umbul-umbul, watake duwe kamulayan. Wuku Sinta, lambange wulan karahinan, kenceng budine ora bisa sareh. Bilahine setengah tuwa. Sedekahe sega pulen, dang-dangan beras sepitrah, iwake pindhang kebo rego 21 keteng, ora kena nganyang. Dongane tolak bilahi, Jabung kala ana lor wetan madhep ngidul ngulon, 7 dina aja marani prenahing kala.

Bahasa Indonesia (terjemahan bebas).
Wuku Sinta adalah wuku yang pertama dari 30 wuku, berikut terjemahan bebasnya dalam bahasa Indonesia.
Dewanya Bhatara Yamadipati.
Laksana pendeta, kemauannya agung, tidak sabar, pencemburu, sering mendapat halangan yang tidak terduga-duga, penampilannya dalam pergaulan menyenangkan, tidak gampang menaruh kepercayaan pada oran lain, rezekinya menyenangkan.
Burungnya Gagak dan Bango.
Dengan kaki didalam air; perintahnya keras dimuka lemah dibelakang, Memperlihatkan diri sebagai orang dermawan, walaupun itu tidak disetujuinya. Sifat-sifat lainnya sering menjadi tempat berlindung bagi orang yang sengsara, Mengerti firasat dalam segala tugas-tugasnya.
Hari yang tidak menguntungkan/hari naas: Senin Pon.
Hari yang menguntungkan: menurut firasatnya.
Bencananya : biasanya jarang sampai lanjut usia/tua.

Mau tahu Wuku berikutnya ....??? KLIK DISINI

Thursday, March 31, 2016

Pawukon Primbon Wuku

Pawukon
     Apa itu Pawukon atau Wuku ? Perhitungan pawukon termasuk dalam hitungan primbon Jawa dan sangat dibutuhkan dalam alamanak Jawa. Seperti kata pepatah, almanak jawa tanpa pawukon bagai sayur tanpa garam akan terasa hambar.
        Dalam kehidupan ini, manusia berusaha untuk menjauhkan diri dari segala malapetaka, serta berbuat sekuat mungkin untuk mendekatkan pada keselamatan, dalam masyaratkan jawa untuk keperluan tersebut diperlukan perhitungan pawukon atau wuku dan nyatanya memang semua manusia membutuhkan hasil yang demikian itu.
        Dalam pawukon terbagi dalam 30 Wuku yang memakai nama E Raden Watugunung beserta 2 istri dan 27 anaknya. Karena itu dalam pawukon ada ceritera Raden Watugunung akan kami ceriterakan dalam kesempatan lain.
        Adapun kegunaan perhitungan pawukon ada dua, yaitu:
1. untuk melihat hari naas atau hari jelek untuk kemenangan perang kalau negara sedang berperang.
2. untuk meneliti watak wantu atau perangai  untung rugi  berdasarkan hari kelahiran seseorang  bersama dengan perhitungan 30 wuku.
        Berikut nama-nama Wuku tersebut, dan untuk tahu arti atau primbon dari tiap wuku, Anda tinggal klik pada nama wuku dibawah ini :
4. Wuku Kurantil
5. Wuku Tolu
6. Wuku Gumbreg
7. Wuku Warigalit / Wariga
8. Wuku Warigagung / Warigadian
9. Wuku Julungwangi
10. Wuku Sungsang
11. Wuku Galungan / Dungulan
12. Wuku Kuningan
13. Wuku Langkir
14. Wuku Mandasia/Mandasiya
15. Wuku Pujut / Julungpujut
16. Wuku Pahang
17. Wuku Kuruwelut / Kerulut
18. Wuku Marakeh
19. Wuku Tambir
20. Wuku Madangkungan
21. Wuku Maktal / Natal
22. Wuku Wuyu / Uye
23. Wuku Manahil / Manail
24. Wuku Prangbakat
25. Wuku Bala
26. Wuku Wugu / Ugu
27. Wuku Wayang
28. Wuku Kulawu / Kelawu
29. Wuku Dukut
30. Wuku Watugunung /Gunung
     
Sumber:
1. Gambar-gambar Wuku: Karya Soelardi (diedit dengan Pixl)
2, Pawukon 3000th; GP Sindhunata, Bentara Budaya Yogyakarta,2013

Saturday, February 27, 2016

Primbon Jawa untuk-Tahun Kabisat-2016-2098

Primbon Jawa Untuk Orang yang lahir di tahun Kabisat 29 Februari 2016 .
Inilah Ramalan Primbon Jawa utk Orang yg lahir 29 Februari 2016, Ramalan Primbon Jawa utk Orang yg lahir di tahun Kabisat 29 Februari 2016, Ramalan Primbon Jawa ttg watak jodoh rezeki dan karier utk Orang yg lahir di tahun kabisat 29 Februari
Primbon Tahun Kabisat 
Apa itu Tahun kabisat?
Dikutip dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari. SedangTahun Syamsiah atau kalender Syamsiah, kalender solar, kalender surya atau kalender matahari adalah sistem penanggalan yang didasarkan atas revolusi bumi mengelilingi matahari. Secara fisika satu tahun surya adalah unit relatif waktu sebuah planet mengitari matahari. Satu tahun biasa dibagi menjadi bulan dan hari. Planet bumi mengitari Matahari dalam waktu satu tahun.

Sejarah Tahun Kabisat
Para ahli Kosmologi akhir abad ke-16 makin memperhatikan adanya keanehan, yaitu awal semi tidak lagi jatuh pada 21 Maret, tapi telah jauh maju.
Akhirnya kesalahan itu diketemukan: kala revolusi bumi bukan 365 hari 6 jam, tetapi tepatnya ialah 365 hari 5 jam 56 menit, atau 365 hari 6 jam kurang 4 menit. Jadi tahun Julian kelebihan menghitung 4 menit setiap tahun. Itulah sebabnya terjadi terlalu awal musim semi di Eropa.

Paus Gregorius membuat dua pembetulan terhadap tahun Julian, yaitu:
1.Tindakan pembetulan terhadap kelebihan menghitung 4 menit, setahun. Tindakan itu ialah:
  • tahun kabisat yang angkanya tidak habis dibagi 4 diubah menjadi tahun biasa berumur 365 hari.
  • dasar perhitungan ialah: dengan kelebihan hitung 4 menit setahun, maka 100 tahun lebih menjadi 400 menit, 400 tahun lebih menjadi 1600 menit = 26 jam 40 menit = 1 hari 2 jam 40 menit. Jadi dengan dilakukan pembetulan 1 hari setiap 400 tahun hanya tersisa kesalahan 2 jam 40 menit setiap 400 tahun. Walaupun demikian penanggalan Masehi tetap tidak sempurna karena dengan berlalunya waktu mungkin ribuan tahun lagi akan terjadi selisih yang disebabkan akumulasi dari sisa 2 jam 40 menit dalam setiap 400 tahun.

2. Sesudah tanggal 4 Oktober 1582, hari berikutnya langsung jatuh tanggal 15 Oktober 1582. Jadi tanggal 5 s/d 14 Oktober 1582 tidak pernah ada dalam kalender tahun Masehi. Jadi berdasarkan penjelasan tersebut diatas, Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582).

Cara Menentukan Tahun Kabisat.
Terus bagaimana menentukan bahwa tahun itu adalah tahun Kabisat? Berikut ada algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan, seperti dijelaskan dibawah ini:
  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Primbon Jawa untuk Tahun Kabisat
Primbon Jawa buat orang yang lahir di tahun Kabisat 29 Februari 2016 .
Orang yang lahir Hari Senin, tanggal 29 Februari 2016 (Bintangnya Pisces); menurut Kalender Jawa Jatuh pada hari Senin Wage, Neptunya (4+4=8), tanggal 20 Jumadil Awal tahun Jawa 1949. Mangsa Kawolu dan Wukunya Medangsia. 

Berikut penjelasan terperinci menurut Primbon Jawa:
Primbon menurut weton hari dan pasarannya: Senin Wage
Dipengaruhi oleh bintang Lembu, lakunya Api, hal ini menyebabkan ia lekas marah, namun ia tidak gampang keburu nafsu, segala persoalan ditimbangnya baik-baik, pada dasarnya jujur dan dapat mengerti kesusahan orang lain. Hanya keras bicaranya dan kalau sudah marah susah untuk diredakan sehingga akibatnya sering menimbulkan bencana. Jodohnya yang paling serasi ialah dengan kelahiran Selasa dan Jumat.

Berdasarkan Wuku Medangsia
Dewanya Bhatara Brahma. Kuat budinya, lekas marah dan sulit dicegah serta sulit memberikan maaf kepada orang lain, tega melaukan apapun, tetapi penampilan dan perintahnya dingin. Kebahagiannya diperoleh karena hemat dan umumnya banyak rezeki, suka menjadi pelindung orang-orang yang sengsara.

Watak menurut tanggal kelahirannya:
Tanggal 29: Keras hatinya, pemarah tetapi lekas tenang, suka memberi uang atau makanan kepada orang lain.

Watak menurut bulan kelahiran:
Jumadil Awal: Bodoh, tetapi setia dan percaya diri
Watak menurut Neptu hari dan pasarannya 
Senin = 4. Wage = 4 jadi Senin Wage = 8.
Pemarah dan cepat panas hatinya, dengki kurang memiliki rasa belas kasihan, suka bertengkar, jika marah berbahaya dan banyak orang yang terpukau olehnya.

Berikut Primbon Jawa untuk Tahun Kabisat Tahun2 Berikutnya, Anda tinggal klik hari Wetonnya dibawah ini:
  1. 29 Februari 2020, hari Sabtu Kliwon, Wuku: Kuningan
  2. 29 Februari 2024, hari Kamis Legi/Manis, Wuku: Dungulan
  3. 29 Februari 2028, hari Selasa Pahing, Wuku: Sungsang
  4. 29 Februari 2032, hari Minggu Paing, Wuku: Julungwangi
  5. 29 Februari 2036, hari Jumat Wage, Wuku: Wariga
  6. 29 Februari 2040, hari Rabu Kliwon, Wuku: Gumbreg
  7. 29 Februari 2044, hari Senin Legi/Manis, Wuku: Tolu
  8. 29 Februari 2048, hari Sabtu Paing, Wuku: Ukir
  9. 29 Februari 2052, hari Kamis Paing, Wuku: Landep
  10. 29 Februari 2056, hari Selasa Wage, Wuku: Sinta
  11. 29 Februari 2060, hari Minggu Kliwon, Wuku: Watugunung
  12. 29 Februari 2064, hari Jumat Legi/Manis, Wuku: Kelawu
  13. 29 Februari 2068, hari Rabu Paing, Wuku: Wayang
  14. 29 Februari 2072, hari Senin Paing, Wuku: UGU
  15. 29 Februari 2076, hari Sabtu Wage, Wuku: Prangbakat
  16. 29 Februari 2080, hari Kamis Kliwon, Wuku: Menail
  17. 29 Februari 2084, hari Selasa Legi/Manis, Wuku: UYE
  18. 29 Februari 2088, hari Minggu Paing, Wuku: Matal
  19. 29 Februari 2092, hari Jumat Paing, Wuku: Tambir
  20. 29 Februari 2096, hari Rabu Wage, Wuku: Merakih 

Hebat dan luar biasa ya...! Untuk yang lahir di tahun Kabisat menurut penanggalan Jawa tidak ada Hari weton kelahiran dan Wukunya yang sama. Beda dengan penanggalan Masehi semua yang lahir di tahun Kabisat pasti Bintangnya Pisces jadi jelas tidak akurat ramalan bintangnya.
Ramalan Primbon Jawa untuk tahun Kabisat berdasar Wukun berikutnya menyusul ya!





Tuesday, December 15, 2015

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa



Inilah kumpulan ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa, macam-macam ucapan ulang tahun bahasa Jawa, Ucapan ulang tahun bahasa Jawa utk SMS BBM WA
Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa
Banyak orang jawa yang tidak lancar atau kurang paham dalam penggunaan bahasa jawa untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa kepada kerabat atau orang yang lebih tua darinya; terutama pada anak-anak muda sekarang. Karena apa? Kebanyakan karena orang tua mereka mendidik anak-anaknya lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dan mendapat sedikit pelajaran bahasa Jawa hanya waktu di sekolah dasar (itupun kalau sekolahnya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta). Sehingga kadang bingung mau menulis ucapan dalam bahasa Jawa sering kecampur aduk, ada yang pakai Tanggap atau Ambal? Cari-cari dan tanya mbah Google isinya blog yang tulisannya cuma COPAS (copy paste) padahal salah!. Berangkat dari situlah Pakdhe buat tulisan ini. Bagi yang ingin memberikan ucapan ulang tahun kepada sanak kerabat dan teman-temannya terutama yang usianya lebih tua darinya dengan pengucapan selamat ulang tahun menggunakan Bahasa Jawa Krama, ini ada beberapa kalimat yang bisa anda gunakan untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun . Ucapan selamat ulang tahun ini Pak Dhe Nung kumpulkan sebagian dari teman-teman serta dari para pengemar Pak Dhe (pengemar? kaya artis aja ya) yang sering konsultasi via facebook atau email dengan Pak Dhe, tanggal 25 Desember 2014. Berarti sebentar lagi ulang tahun lagi Pakdhe.. hehehe... Ucapan ulang tahun dalam bahasa Jawa ini dapat anda kirim via SMS, BBM, WhatApps, Facebook atau Twitter. Semoga ada manfaatnya ya!.

Derek mangayubagya Tanggap warsa panjenengan, Mugi Gusti berkahi,Nuwun

Hangaturaken sugeng tanggap warsa Kagem Pakdhe Nung..., Mugi - mugi Gusti Ingkang Kinasih saget nyembadani punopo ingkang dados gegayuhanipun, tansah pinaringan wilujeng, ayu hayu rahayu.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Pak Dhe Nung. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem Pak Dhe Nung........, Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Ngaturaken sugeng tanggap warsa, mugi tansah pinaringan rahayu, lan barokah saking Gusti Alloh, amin
Sugeng ambal warsa Pak Dhe Nung..., Mugi tansah kaparingan rahayu, sehat, lan anjang yuswa ingkang manfaat.. Amiinn...

Sugeng Ambal Warsa, Mugi Gusti paring panjang yuswa ingkang barokah, Mugi Gusti tansah paring bagas kasarasan lan katentreman.

Sugeng ambal warsa kagem Pakdhe Nung....ditebihna ing sambekala, dilambari bungahing ati ayo dedonga, Mugi tansah pinaringan sih rahmatipun Gusti

Sugeng ambal warso mugi tansah kepanggih ing raharjo. Sehat sejahtera suksess lahir bathin.

Sugeng ambal warso mugi tansah pinaringan karaharjan.....

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng Pakdhe Nung…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu ), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Sugeng tanggap warsa, mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan rejeki ingkang murwat.

Sugeng tanggap warsa kagem Pakdhe..., Mugi-mugi tansah pinaringan berkahing Pengeran

Sugeng tanggap warso kagem Pak Dhe Nung..., mugi-mugi tansah pinaringan bagas waras lan rahayu, tansah slamet kalis ing sambikolo, monggo dipu aturi dahar bancakaan saking poro widodari khayangan

Sugeng tanggap warso Pakdhe mugio tansah bahagio mulyo

Sugeng tumbuk warsa, mugi tansah pinaringan karahayon saking Gusti Allah Ingkang Maha Agung.

Yang mau menambahkan silahkan tulis di komentar. 

Ucapan Selamat yang lain dalam Bahasa Jawa :

Monday, December 7, 2015

Mantra Ampuh Menang Judi

Inilah mantra ampuh untuk menang judi, Rahasia primbon mantra menang judi, Mantra Jimat judi kartu judi togel judi bila judi samgong judi dadu dan judi online
Mantra Judi
Setelah Anda mengetahui dan mengerti 12 Tips arah menang judi berdasarkan Neptu Hari dan Neptu Pasaran. Untuk dapat memang judi, langkah selanjutnya adalah sebelum berjudi bacalah dalam hati mantra berikut di halaman rumah perjudian : "Danyang merkayangan lanang wadon kang rumeksa ing desa kene, aku arep main, rewang-rewangana aku aja nganti klah sukur bage bisa menang, yen kasembadan menang, aku ngirim sega putih ganda arum". Terjemahan bebas bahasa Indonesianya kurang lebih : "Danyang merkayang laki perempuan yang menguasai di desa sini, aku mau main judi, bantu saya jangan sampai kalah syukur bisa menang, kalau menang, aku kirim/kasih nasi putih ganda arum".
Setelah baca mantra menengadah ke langit lalu menunduk dan membanting kaki kanan 3 (tiga) kali ketanah.
Tapi ingat! Jika sudah terkabul menang, jangan lupa kirimkanlah nasi putih ganda arum kepada danyang merkayangan (penunggu/penguasa) di daerah tersebut. Adapun yang dimaksud Nasi putih ganda arum artinya kemenyan putih dengan mantranya. Jadi, misalnya berjudi di desa Kutosari, maka banca mantranya begini: "Danyang merkayangan lanang wadon kang rumeksa ing desa Kutosari, aku ngleksanani janjiku, ngirim sega putih ganda arum, hong ya mret, hong ya mret". Kemenyan ditiup 3 (tiga) kali lalu dimasukkan ke depan perapian, sampai habis kemenyannya baru boleh pergi/pulang.


Penelusuran yang terkait dengan mantra judi : mantra judi kiu kiu, mantra judi kartu, mantra judi togel, mantra judi dadu, mantra judi bola, mantra judi online, mantra judi kartu remi, mantra judi tanpa syarat, mantra main judi samgong, mantra judi kartu gratis, mantra jimat judi, ilmu judi.

 Gbr jimat-toto.blogspot.com

Sunday, December 6, 2015

Pilkada Serentak: Mencari Pemimpin Ideal

Inilah Pertama kalinya Pilkada Serentak di Indonesia 9 Desember 2015, Pilkada serentak di 8 propinsi 222 kabupaten dan 34 kota, Pilkada mencari pemimpin ideal
Pilkada Serentak 9 Des 2015
Hari Rabu tanggal 9 Desember 2015 merupakan sejarah baru dalam kehidupan perpolitikan rakyat Indonesia dalam rangka untuk memilih Pemimpin (Gubernur, Bupati dan Walikota) mereka di masing-masing daerah Propinsi, Kabupaten dan Kotamadya secara langsung dan serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia. Pilkada serentak ini dilakukan di 8 Propinsi, 222 Kabupaten dan 34 Kota, yang diikuti oleh 100.461.890 jumlah pemilih yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 80.397.461 orang dan pemilih perempuan sebanyak 50.164.437 orang dan menelan biaya sebanyak 7,1 triliun rupiah. WOW dana yang fantastis besarnya kalau buat dibagi-bagi ke rakyat miskin ada berapa juta rakyat miskin yang bisa dikasih makan.

Tujuan Pilkada itu untuk mencari apa sih? Pilkada Serentak untuk mencari pemimpin yang ideal; yaitu pemimpin yang adil, jujur, berwibawa, arif, dan bijaksana. Mencari pemimpin yang bisa mengerti dan memimpin rakyatnya serta bisa  mensejahterakan kehidupan rakyatnya, bisa membangun peradaban kehidupan baru yang memberi rasa aman dan adil bagi seluruh rakyatnya yang dia pimpin. Masih adakah pemimpin yang ideal seperti itu dizaman sekarang yang semuanya bisa dibeli dengan uang? adakah kreteria pemimpin yang ideal itu? Apakah kita harus menunggu Ratu Adil yang akan datang? Ratu Adil cuma satu sedang Propinsi, Kabupaten dan Kota banyak. Pemilihan Presiden telah lewat sang Ratu Adil belum juga kita rasakan kehadirannya.

Dalam masyarakat jawa ada ilmu yang dapat dipelajari dan seseorang itu bila menguasai ilmu itu, maka dia bisa menjadi Pemimpin yang Ideal, menjadi Ratu Adil bagi rakyatnya. Ilmu itu namanya ILMU HASTA BRATA. Dalam Jawa Kuno, Hasta Brata dapat diartikan menjadi; Hasta berarti delapan dan Brata berarti laku atau jalan spiritual. Sehingga Hasta Brata dapat diartikan delapan jalan yang harus dikuasai seseorang untuk menjalankan tampuk kepemimpinan. Kedelapan jalan tersebut meliputi delapan karakter unsur alam yaitu : bumi, langit, angin, samudera, rembulan, matahari, api, dan bintang. Konon, bila seorang pemimpin telah memiliki 8 karakter unsur ini maka ia menjadi pemimpin yang adil, jujur, berwibawa, arif, dan bijaksana.

Mau tahu  5 misteri seputar ilmu Hasta Brata ??? Klik disini

Gambar: nasional.harianterbit.com